Archives Oktober 2024

3 Wakil Indonesia ke Final Australia Open 2024!

Dari turnamen bulutangkis BWF Super 500 Australia Open 2024, tiga wakil Indonesia berhasil memastikan tempat di partai final untuk tiga nomor berbeda.

Hasil itu dipastikan lewat rangkaian pertandingan di babak semifinal, Sabtu (15/6). Ada tiga wakil Merah Putih yang bertanding memperebutkan tiket final pada hari ini.

Tunggal putri Ester Nurumi Tri Wardoyo adalah yang pertama memastikan tiket ke partai puncak Australia Open 2024 usai meraih kemenangan dua gim langsung dari lawannya.

Baca juga: Hasil Australia Open 2024: Ester Nurumi ke Final Tunggal Putri!

Menyusul kemudian ganda putra Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan yang harus melewati partai alot rubber game sebelum akhirnya bisa meraih kemenangan.

Ganda putri Febriana Dwipuji Kusuma/Amallia Cahaya Pratiwi menjadi yang terakhir dalam memastikan tiket ke partai final. Mereka melaju mulus lewat kemenangan straight game.

Itu berarti, dari tiga wakil Indonesia yang tampil di semifinal Australia Open 2024 pada hari ini, semuanya sama-sama mampu meraih kemenangan untuk tampil di partai puncak pada hari Minggu (16/6) besok.

Baca juga: Hasil Australia Open 2024: Hendra/Ahsan Maju ke Final Usai Rubber Game

Ester Nurumi diketahui akan menghadapi Aya Ohori di final tunggal putri. Ester adalah unggulan ketujuh, sedangkan lawannya berstatus unggulan kedua.

Sedangkan Hendra/Ahsan, selaku unggulan kedua nomor ganda putra, akan menghadapi unggulan teratas dari China, He Ji Ting/Ren Xiang Yu, di partai puncak.

Sementara itu Ana/Tiwi akan berhadapan dengan pasangan Malaysia Lai Pei Jing/Lim Chiew Sien (Malaysia), dalam perebutan gelar juara di nomor ganda putri Australia Open 2024.

Baca juga: Hasil Australia Open 2024: Ana/Tiwi Melenggang ke Final

Hasil semifinal Australia Open 2024 wakil Indonesia

  • WS
    Ester Nurumi Tri Wardoyo vs Pai Yu Po
    21-15, 21-16
  • MD
    Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan vs Chen Zhi Ray/Lin Yu Chieh
    21-14, 17-21, 21-11
  • WD
    Febriana Dwipuji Kusuma/Amallia Cahaya Pratiwi vs Setyana Mapasa/Angela Yu
    21-13, 21-7

(krs/adp)

Asian Games 2023- Wushu Sumbang Medali Perak

Kontingen Indonesia kembali meraih medali perunggu dari cabang olahraga wushu melalui Samuel Marbun. Kepingan itu ia persembahkan dari nomor Sanda putra 65 kg.

Samuel bertanding melawan Salimi Toupghara pada final cabor Wushu Asian Games 2023 di Xiaoshan Guali asporte Centre, Kamis (28/9/2023). Samuel harus mengakui kemenangan atlet wushu asal Iran tersebut.

Baca juga: Asian Games 2023: Kans Nicholas Karel Rebut Medali

Medali yang dipersembahkan Samuel menjadi kepingan pertama yang diraih kontingen Merah Putih pada hari Kamis (28/9/2023) ini, sekaligus yang ke-13 secara keseluruhan. Dengan demikian Indonesia saat ini mengoleksi tiga medali emas, tiga medali perak, dan tujuh medali perunggu.

Adapun bagi wushu, medali ini merupakan yang kelima. Rincian satu medali emas dari Harris Horatius nomor Nanquan dan Nangun putra serta dua medali perak dari Samuel dan Edgar Xavier Mercelo.

Baca juga: Sanggoe Sabet Medali Perak Skateboard Asian Games 2023

Sementara medali perunggu didapatkan dari Seraf Naro Siregar dari nomor daoshu dan gunshu, serta Tharisa Dea Florentina di nomor sanda putri 52kg.

Tim Indonesia dipimpin oleh CdM Basuki Hadimuljono berkekuatan 413 atlet yang turun di 202 nomor pertandingan, 41 disiplin, 30 cabor. Merah-Putih dipatok target menembus 10 besar Asia pada multievent Asian Games kali ini.

Baca juga: Tera dan Emas Pertama Menembak dalam 72 Tahun

Hasil Drawing Bulutangkis Tunggal Putra Olimpiade 2024

Undian bulutangkis nomor tunggal putra Olimpiade 2024 telah selesai digelar. Berikut hasil drawing untuk Jonatan Christie dan Anthony Sinisuka Ginting.

Undian fase grup bulutangkis Olimpiade 2024 digelar di markas BWF di Kuala Lumpur, Malaysia, Jumat (12/7/2024) sore WIB. Undian di nomor ganda putra ditunda menyusul keputusan CAS yang mengabulkan tuntutan Lucas Corvee/Ronan Labar.

Bulutangkis Olimpiade 2024 nomor tunggal putra diikuti 41 pemain yang dibagi ke dalam 13 grup. Setiap grup berisi tiga pemain, kecuali grup yang dihuni ungulan kedua (Grup P) dan ketiga (Grup E/L) diisi empat pemain.

Baca juga: Ini Fokus Jonatan Christie Jelang Olimpiade 2024 di Paris

Jonatan yang merupakan unggulan ketiga masuk ke Grup L. Itu berarti Jonatan akan bersaing dengan tiga pemain.

Hasil undian menempatkan Jonatan dengan Lakshya Sen (India), Kevin Cordon (Guatemala), dan Julien Carraggi (Belgia.

Sementara itu, Anthony Sinisuka Ginting masuk ke Grup H. Ia segrup dengan Toma Junior Popov (Prancis) dan Howard Shu (Amerika Serikat).

Baca juga: Hasil Drawing Bulutangkis Tunggal Putri Olimpiade 2024

Tunggal Putra

Grup A

Shi Yuqi
Soren Opti
Giovanni Toti

Grup B

BYE

Grup C

Kunlavut Vitidsarn
Kalie Koljonen
Georges Julien Paul

Grup D

Kenta Nishimoto
Dmitriy Panarin
Brian Yang

Grup E

Anders Antonsen
Ade Resky Dwicahyo
Collins Valentine Filimon

Grup F

BYE

Grup G

Lee Zii Jia
Viren Nettasinghe
Pablo Abian

Grup H

Anthony Sinisuka Ginting
Toma Junior Popov
Howard Shu

Grup I

Chou Tien Chen
Lee Cheuk Yiu
Luis Ramon Garrido

Grup J

Kodai Naraoka
Jeon Hyeok Jin
Ygor Coelho

Grup K

Prannoy H. S.
Le Duc Phat
Fabian Roth

Grup L

Jonatan Christie
Lakshya Sen
Kevin Cordon
Julien Carraggi

Grup M

Loh Kean Yew
Uriel Francisco Canjurra Artiga
Jan Louda

Grup N

Li Shi Feng
Tobias Kuenzi
Anuoluwapo Juwon Opeyori

Grup O

BYE

Grup P

Viktor Axelsen
Nhat Nguyen
Misha Zilberman
Prince Dahal

Baca juga: Hasil Drawing Bulutangkis Ganda Campuran & Ganda Putri Olimpiade 2024

Debut di Olimpiade 2024, Pejudo RI Maryam Petik Pelajaran Berharga

Atlet judo Indonesia Maryam March Maharani menyebut kegagalannya di Olimpiade 2024 merupakan pelajaran berharga. Apalagi ia merupakan debutan.

Rani, begitu ia disapa, terhenti di babak 16 besar kelas 52 kg setelah dikalahkan Distria Krasniqi asal Kosovo di Champ de Mars Arena, Paris, Minggu (28/7). Meski tak sesuai harapannya, tapi Maryam tetap bersyukur karena dapat tampil di multiajang olahraga paling bergengsi sejagat raya tersebut.

Ia lolos jalur kontinental Asia di nomor women’s -52kg. Judo Indonesia terakhir kali tampil di Olimpiade adalah di London 2012.

“Ini Olimpiade pertama saya walaupun hasilnya belum bisa bawa medali tapi ini pengalaman berharga,” kata Maryam setibanya di Bandara Soekarno Hatta, Cengkareng, Selasa (30/7).

Baca juga: Olimpiade 2024: Diananda Choirunisa Maju ke 16 Besar

“Karena saya ada di peringkat 16, dan bisa melawan pemenang medali emas (Olimpiade 2020), serta bisa beri hasil yang terbaik dari saya. Ya walaupun saya belum bisa kasih medali, saya minta maaf, tapi terima kasih untuk doa dan dukungannya,” ujarnya.

Maryam tiba di Tanah Air didampingi Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Persatuan Judo Seluruh Indonesia (PB PJSI) Regina Lefrandt Vega, serta pelatihnya. Mereka disambut oleh perwakilan Kemenpora dan Komite Eksekutif Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Jadi Rajagukguk.

Selanjutnya, Maryam akan langsung berfokus pada multievent nasional Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 Aceh-Sumatra Utara. Dia akan turun di kelas 52 kg mewakili DKI Jakarta.

Baca juga: Olimpiade 2024: Apri/Fadia Mati Angin di Grup Maut

“Masih banyak yang harus di-improve lagi terutama dari segi mental dan teknik karena masih lumayan, serta jam terbang juga penting. Sebab, masih kurang untuk pengalaman-pengalaman (di ajang) besarnya,” tuturnya.

“Saya juga harus tetap berhati-hati dan berjaga. Karena semua bisa terjadi (meskipun itu PON) tapi semoga hal yang buruknya tak terjadi,” ujar Maryam yang menargetkan emas di multiajang olahraga nasional itu.

“Jadi mohon doanya juga karena selanjutnya saya akan membawa nama DKI di PON dan masih banyak ajang-ajang besar yang menunggu,” harap Maryam.

(mcy/nds)

Drama di Olimpiade 2024- Selisih 0,005 Detik Dapatkan Medali Emas

Noah Lyles menyabet medali emas Olimpiade Paris 2024 pada cabang atletik lari 100 meter. Noah menang cepat hanya selisih 0,005 detik!

Di Stade de France, Senin (5/8) drama itu terjadi. Pada cabang atletik lari 100 meter, persaingan ketat sampai akhir.

Dua nama dijagokan jadi pemenang, yakni wakil Amerika Serikat Noah Lyles dan wakil Jamaika Kishane Thompson.

Baca juga: Sejarah di Olimpiade, Atlet Ini Menangi Dua Medali Emas dalam Dua Jam

Saat capai garis finish, Noah Lyles dan Kishane Thompson begitu ketat posisinya. Malah, Noah sudah menghampiri Thompson untuk memberikan selamat.

“Kami menunggu nama-nama muncul. Sejujurnya, saya mendatangi Thompson dan berkata ‘Saya rasa Anda berhasil, kawan!'” ujarnya dilansir dari BBC.

Pengumuman muncul, Noah justru yang jadi juaranya!

Noah catatkan waktu 9,784 detik. Itu hanya 0,005 detik lebih cepat dari Thompson.

[Gambas:Instagram]

Baca juga: Seperti Tahun 2012, RI Tanpa Medali Emas Badminton di Olimpiade 2024

Terlihat dalam tayangan ulang, ujung kaki kanan Noah Lyles sedikit lebih cepat ada di depan Kishane Thompson. Noah pun tidak menyangka, dirinya sukses sabet emas!

“Yang gila itu adalah ahli biomekanika saya, Ralph Mann. Sebelum saya berangkat ke Paris, dia selalu memberi tahu posisi tubuh untuk mencapai garis finis,” ungkapnya.

“Dia banyak memberikan detail-detail. Saya tidak percaya, betapa benarnya dia,” tutupnya.

(aff/rin)

Duo Ducati Bikin Comeback Sip di MotoGP Mandalika 2023

Francesco Bagnaia selaku rider Ducati Lenovo Team berhasil menjadi juara di MotoGP Mandalika 2023. Pun dengan Enea Bastianini selaku rekan tim Bagnaia tampil sip.

Bagnaia menjadi juara dalam balapan yang berlangsung di Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika, Minggu (15/10/2023). Kemenangan itu terasa spesial karena juara dunia MotoGP musim lalu itu start dari posisi ke-13.

“Saya sangat senang, kemenangan ini sangat penting. Saya kesulitan di akhir pekan, tim saya sekali lagi telah melakukan pekerjaan yang luar biasa, saya mencoba untuk beradaptasi, dan mereka memberi saya yang terbaik,” kata Bagnaia dalam keterangan Ducati Lenovo Team.

“Menang di sini dan mulai dari posisi 13 sangat bagus. Sekarang saya siap untuk berjuang sampai akhir seperti biasa,” sambungnya.

Baca juga: Kata Francesco Bagnaia Saat Lihat Jorge Martin Jatuh di Depannya

Hal bagus juga didapat Bastianini dalam balapan di MotoGP Mandalika dengan finis di urutan kedelapan. Itu menandai kembalinya Bastianini setelah kerap crash hingga mengakibatkan cedera. MotoGP Mandalika menjadi balapan keenam untuk Bastianini dalam 13 seri.

Bastianini memulai balapan dari posisi ke-11. Dia malah sempat merosot ke posisi buncit di lap awal karena menyenggol Marc Marquez.

Setelah menjalani long lap penalty, Bastianini secara bertahap mampu menyalip lawan-lawan di depannya. Dia juga mencatatkan waktu 1’30.906 tercepat dalam balapan di lap ke-18.

“Saya melakukan kecepatan yang baik dan mencatatkan lap tercepat balapan, jadi saya dapat mengatakan bahwa saya sangat senang dengan perasaan pada motor dan pekerjaan yang dilakukan, tetapi tidak dengan hasilnya,” Bastianini menjelaskan.

Baca juga: Francesco Bagnaia: Terima Kasih Mandalika

Chico Aura dkk Diminta Jangan Lengah Lawan Singapura

Pelatih ganda putra Aryono Miranat meminta tim beregu putra Indonesia untuk tak lengah menghadapi Singapura di babak semifinal SEA Games 2023. Tim Negeri Singa disebut datang dengan kekuatan terbaiknya.

Sebut saja Loh Kean Yew di sektor tunggal dan Hee Yong Kai Terry/Loh Kean Hean di sektor ganda. Laga ini akan dihelat di Badminton Hall Morodok Techo pada hari Rabu (10/5) siang mulai pukul 12.30 WIB.

“Kami tidak boleh lengah di partai melawan Singapura besok karena mereka turun dengan kekuatan terbaik. Kami sudah melihat permainan mereka kemarin melawan Filipina dan ya semua sudah bersiap,” ucap Aryono dalam rilis PP PBSI.

Aryono tak memungkiri, Singapura memang diuntungkan karena sudah bermain di babak perempatfinal. Tentu adaptasi mereka sedikit lebih unggul. Tapi pihaknya juga sudah sedikit tahu soal kondisi lapangan seperti apa karena ada latihan satu kali di venue pada Sabtu (6/5) lalu.

“Jadi nanti tinggal bagaimana para pemain bisa langsung fokus, bisa langsung siap dan panas sejak masuk lapangan. Kami mau lalui Singapura dulu, lalu nanti melihat lagi peluang untuk meraih medali emas,” ujarnya.

Baca juga: 6 Hal ‘Miris’ Pelaksanaan SEA Games 2023 di Kamboja

“Kondisi Bagas/Fikri dan Pramudya/Yeremia saat ini sangat fit dan prima, semoga ini bertahan sampai besok di pertandingan,” Aryono menambahkan.

Sementara itu, tunggal pertama Chico Aura Dwi Wardoyo bertekad mengambil poin pertama melawan Singapura di nomor beregu putra SEA Games 2023. Lancarnya persiapan diyakini Chico dapat menampilkan kemampuan terbaiknya.

“Dari persiapan sudah cukup baik, tiga hari yang lalu saat coba lapangan pertandingan sudah bisa menyesuaikan dengan kondisi angin dan shuttlecock. Semoga bisa memberi yang terbaik di semifinal,” ujar Chico.

“Poin pertama pasti penting untuk lebih memotivasi partai kedua, ketiga dan seterusnya. Makanya saya tidak mau menjadikan posisi sebagai tunggal pertama ini sebagai sebuah beban tapi saya mau jadikan motivasi,” pungkasnya.

Baca juga: Evaluasi Tim Bulutangkis Putri Melaju Semifinal SEA Games 2023

Berikut skuad bulutangkis beregu putra Indonesia beserta peringkat dunianya:

1. Chico Aura Dwi Wardoyo (19)

2. Christian Adinata (59)

3. Alwi Farhan (90)

4-5. Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri (14)

6-7. Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan (33)

8. Rehan Naufal Kusharjanto (10, ganda campuran bersama Lisa Ayu Kusumawati)

9. Zachariah Josiahno Sumanti (28, ganda campuran bersama Hediana Julimarbela.

Baca juga: Bocornya Kamar Atlet Tim Bulutangkis Putri RI di SEA Games Kamboja

Ducati Yakin Marc Marquez Pilihan yang Tepat

Ducati sudah memilih pendamping Francesco Bagnaia untuk MotoGP 2025. Marc Marquez diyakini sebagai pilihan yang tepat.

Untuk line-up rider Ducati musim depan, ada beberapa pembahasan. Jorge Martin bersinar bersama Pramac Ducati, juga dikabarkan menjadi kandidat kuat.

Sementara itu, Marc Marquez juga tak kalah menunjukkan masih mempunyai potensi bersama Gresini Racing. Menunggangi Desmosedici GP23, Baby Alien masih bisa bersaing di papan atas klasemen MotoGP 2024.

Baca juga: Marc Marquez ke Ducati, Apa Bagnaia Sudah Ucapkan Selamat Datang?

Saat ini, Marc Marquez ada di posisi ketiga dengan raihan 136 poin. Sementara Jorge Martin ada di posisi pertama dengan koleksi 171 angka.

Kendati Martinator oke, bos Ducati, Gigi Dall’Igna, mengungkap alasan mengapa Marc Marquez yang dipilih. Keputusan Ducati dibuat setelah MotoGP Italia di Mugello akhir pekan lalu;.

“Ini adalah keputusan yang rumit, baik dari sudut pandang olahraga dan dari sudut pandang kemanusiaan, karena tak ada rider yang keluar jalur. Tak pernah ada kejanggalan,” kata Dall’Igna di Crash.

Baca juga: Bakal Jadi Rekan Setim, Bagnaia Wanti-wanti Marc Marquez soal Ini

“Saya sudah mengganti ide beberapa kali akhir-akhir ini, tapi akhirnya saya yakin bahwa Marquez merupakan pilihan yang tepat. Kami mempunyai tim terbaik di sejarah Ducati. Saya sangat senang.”

“Keputusannya dibuat pada hari Minggu di Mugello. Kami hanya mempunyai sedikit waktu untuk memilah detail dari kontrak,” kata dia menambahkan.

Baca juga: Marc Marquez Gabung Pabrikan Ducati, Ucapkan Terima Kasih ke Gresini

ASEAN Paragames 2022 Bawa Fotografer Indonesia Raih Penghargaan

Fotografer Indonesia, Priyo Widiyanto, mengukir prestasi gemilang di panggung internasional. Karyanya berjudul ‘The Winning Shoot’ memenangkan penghargaan All About Photo 2023.

Priyo berhasil memikat para juri lewat foto yang mengabadikan suasana latihan tim basket kursi roda Indonesia jelan ASEAN Paragames Solo 2022. Sebagai pemenang, Priyo pun berhak atas hadiah sebesar 10.000 USD dan publikasi di majalah ‘Special Edition All About Photo Awards 2023”.

All About Photo 2023 diikuti oleh fotografer profesional dan amatir dari seluruh dunia. Mereka berasal dari 18 negara dan 5 benua dan delapan juri berpengalaman telah memilih 39 foto sebagai pemenang.

Dilansir dari situs resminya, kompetisi tahun ini lebih didominasi oleh foto-foto berwarna. Banyak karya yang menggambarkan suasana bencana di dunia, termasuk perang di Ukraina. Meski demikian, dari 45 foto yang akhirnya terpilih, hanya dua yang menggambarkan situasi konflik seperti itu.

Baca juga: Atlet ASEAN Paragames 2022 Dapat Bonus Rp 309 M dari Jokowi

“Tampaknya para juri tertarik pada gambar yang lebih terang. Secara keseluruhan, pemilihan tahun ini tampaknya kurang emosional dan lebih berfokus pada estetika yang kuat,” bunyi keterangan resmi All About Photo di situs resminya.

Foto karya Priyo memperlihatkan intensnya suasana latihan Timnas Bola Basket Kursi Roda Indonesia. Momen tersebut diambil di Solo pada 9 September tahun lalu. Di keterangan foto, Priyo menggambarkan para atlet sebagai The Avangers, tokoh superhero Marvel.

“Terlepas dari keterbatasan fisik, mereka berjuang jauh lebih baik daripada beberapa orang sehat,” tulis Priyo yang juga akrab dengan forografi traveling.

Kepada wartawan, Priyo bercerita kalau dia sudah lama terarik memotret momen olahraga. Keinginannya untuk mengabadikan atlet disabilitas sangat besar saat Indonesia menjadi tuan rumah Asian Paragames 2018 .

Priyo tidak mendapat akses saat Indonesia menjadi tuan rumah ajang multi-event se-Asia itu. Kesempatan baru datang saat Solo dipercaya menjadi tuan rumah ASEAN Paragames 2022.

Saat itu Priyo kemudian melakukan pendekatan kepada tim bola basket kursi roda Indonesia. Dia mendapat akses selama empat hari untuk mengabadikan latihan mereka.

“Kebetulan saat itu saya berada di Solo. Saya memang sangat tertarik untuk mengabadikan mereka karena bagi saya, mereka sangat hebat di tengah keterbatasan fisik yang mereka alami,” kata Priyo.

“Setelah dapat izin, saya mengikuti latihan mereka selama empat hari. Saya sengaja menunggu momen ini. Saya ingin menangkap emosi mereka saat latihan,” beber pria yang juga gemar memotret dunia traveling dan budaya tersebut.

Bidikan Priyo berhasil menangkap momen dramatis dari upaya pemain dalam menggagalkan perolehan skor tim lawan.
Priyo dengan cermat merekamnya lewat aksi dua pemain dengan kursi roda yang terangkat tengah mengepung seorang pemain lawan yang bersiap melepas tembakan.

“Ini adalah foto dengan citra ketangguhan yang kuat,” tulis All About Photo.

Selain foto timnas bola basket kursi Roda Indonesia, Priyo juga mendapat penghargaan dari All About Photo atas karya lainnya. Foto itu menggambarkan momen pemakaman penderita Covid-19 di Indonesia, beberapa waktu lalu.

Dillon Brooks dan RJ Barrett Ungkap Tantangan Lawan Spanyol

Dua bintang Kanada Dillon Brooks dan RJ Barrett mengungkapkan tantangan terberat menghadapi Spanyol. Salah satunya soal fisik dan chemistry tim lawan yang solid.

FIBA World Cup 2023 memasuki partai pamungkas babak penyisihan kedua di Indonesia Arena, GBK, pada Minggu (3/9/2023). Selain Latvia yang akan berjumpa Brasil. Kanada juga bakal menantang Spanyol untuk memperebutkan tiket perempatfinal.

Dua partai ini pun diyakini tak bakal mudah bagi keempat tim karena memiliki peluang yang sama besar. Tak ayal, mereka pun mulai mencari cara demi mengalahkan lawan masing-masing.

Baca juga: Latvia Vs Brasil: Duel Kuda Hitam ke Perempatfinal FIBA World Cup 2023

Pebasket Kanada Dillon Brooks dan RJ Barrett bahkan sudah memetakan kekuatan lawan yang bakal menjadi tantangan terberat timnya pada laga nanti malam.

“Mereka bermain dengan fisik dan memaksa Anda untuk melakukan operan-operan ekstra. Spanyol tidak egois, mereka berbagi bola dan telah bermain satu sama lain untuk waktu yang lama. Mereka juga tim yang cukup besar. Kami harus mengalahkan mereka dalam rebound untuk menang,” kata Brooks dalam keterangan tertulis LOC FIBA World Cup Jakarta.

Kanada, yang di FIBA World Cup 2023, mengandalkan Dwight Powell dan Kelly Olynyk di paint area harus bisa menandingi energi Hernangomez bersaudara dan Usman Garuba.

Baca juga: Cerita Pengalaman Volunteer FIBA World Cup 2023: Banyak yang Berkesan

Sehubungan itu, pengetahuan pelatih Kanada Jordi Fernandez akan taktik Scariolo diharapkan turut membantu tim dalam mengambil poin. Fernandez merupakan pelatih kepala tim Spanyol U-19 pada 2013. Scariolo pun menyebut Fernandez sebagai temannya.

Kedua tim baru bertemu sekali di ajang FIBA World Cup. Tapi itu terjadi pada 2010, saat Spanyol menang telak 89-67. Pertemuan kedua sekaligus terbaru kedua tim terjadi sebulan lalu dalam laga pemanasan. Kala itu, Kanada yang unggul 85-80.

Sementara itu, pelatih Spanyol Sergio Scariolo mengaku sudah terbiasa menghadapi pertandingan penentu seperti ini. Meskipun, ia juga harus menghadapi kenyataan bahwa sebagian pemainnya bakal melakoni pertandingan hidup atau mati untuk kali pertama.

“Mencoba untuk, seperti biasa, fokus pada kekuatan kami terlebih dahulu, lalu kekuatan lawan. Mencoba untuk memaksimalkannya dan meminimalkan kelemahan kami,” kata Scariolo.

Baca juga: FIBA World Cup 2023: Spanyol Siapkan Hal Ini Jelang Hadapi Kanada

Di FIBA World Cup 2023, Kanada diperkuat tujuh pemain NBA, dengan guard Oklahoma City Thunder Shai Gilgeous-Alexander menjadi sosok paling bersinar. Ia membuat rata-rata lebih dari 22 poin per game dalam empat penampilannya sejauh ini dengan efisiensi rata-rata 26,3. Kekuatan infividual para pemain lawan yang mendasari Scariolo menyebut kekuatan Kanada lebih besar dari timnya.

“Tentu saja, ini adalah pertandingan yang ingin kami menangkan dan pertandingan yang ingin mereka menangkan. Mereka sangat bagus dan kami akan mencoba untuk tampil sebaik mereka untuk bersaing,” ujarnya.

“Kami tahu bahwa kami akan tampil 100 persen, tapi tim ini yang mungkin berada di atas kami. Fisik, keatletisan, pengalaman NBA, dan lain-lain. Apa yang ada di tangan Anda adalah melakukan yang terbaik. Jika yang terbaik belum cukup, Anda menjabat tangan mereka dan mendoakan mereka semoga sukses di sisa kejuaraan ini,” Scariolo mempertegas.

(mcy/krs)

Hasil Sprint Race F1 GP AS 2023- Verstappen Pemenangnya

Max Verstappen berhasil memenangkan sprint race Formula 1 GP Amerika Serikat 2023. Ia berhasil mengungguli Lewis Hamilton dan Charles Leclerc.

Digelar di Circuit of the Americas, Minggu (22/10) pagi WIB, adu cepat 100 km yang berlangsung selama 19 lap ini sukses dimenangkan Verstappen yang sejak awal tak pernah tergoyahkan di posisi terdepan. Hamilton finis kedua dengan selisih 9,465 detik.

Pembalap Ferrari Charles Leclerc mengamankan podium terakhir dengan finis ketiga usai mencatatkan waktu 17,987 detik di belakang Verstappen. Lando Norris menempati posisi empat dengan selisih 0,876 detik saja dari Leclerc.

Baca juga: Hasil Kualifikasi F1 GP AS 2023: Leclerc Rebut Pole Position

Rekan setim Verstappen, Sergio Perez melewati garis finis di posisi kelima dengan selisih waktu 22,928 detik dari peringkat pertama. Carlos Sainz Jr menempati posisi keenam dengan beda waktu 5,379 detik dari Perez.

Pierre Gasly finis ketujuh dengan selisih waktu 4,096 detik dari Sainz, dan George Russell mengamankan zona poin terakhir di posisi delapan dengan torehan 1,847 detik di belakang Gasly.

Balapan utama (main race) F1 GP Amerika Serikat 2023 akan digelar pada Senin (23/10) pukul 02.00 WIB, dan dapat disaksikan di saluran streaming berbayar Bein Sports.

Baca juga: Pemerintah Buka Peluang Sirkuit Mandalika Jadi Tuan Rumah F1
2023 F1 UNITED STATES GRAND PRIX – SPRINT RACE RESULTS
POSISINAMANEGARATIMWAKTU
1Max VerstappenNEDOracle Red Bull Racing19 Laps
2Lewis HamiltonGBRMercedes AMG Petronas F1 Team+ 9.465s
3Charles LeclercMONScuderia Ferrari+ 17.987s
4Lando NorrisGBRMcLaren F1 Team+ 18.863s
5Sergio PerezMEXOracle Red Bull Racing+ 22.928s
6Carlos SainzESPScuderia Ferrari+ 28.307s
7Pierre GaslyFRABWT Alpine F1 Team+ 32.403s
8George RussellGBRMercedes AMG Petronas F1 Team+ 34.205s
9Alex AlbonTHAWilliams Racing+ 34.567s
10Oscar PiastriAUSMcLaren F1 Team+ 42.403s
11Esteban OconFRABWT Alpine F1 Team+ 44.986s
12Daniel RicciardoAUSScuderia AlphaTauri+ 44.509s
13Fernando AlonsoESPAston Martin Aramco Cognizant Formula One Team+ 49.086s
14Yuki TsunodaJPNScuderia AlphaTauri+ 49.733s
15Nico HulkenbergGERMoneyGram Haas F1 Team+ 56.650s
16Valtteri BottasFINAlfa Romeo F1 Team Stake+ 64.401s
17Zhou GuanyuCHNAlfa Romeo F1 Team Stake+ 67.972s
18Kevin MagnussenDENMoneyGram Haas F1 Team+ 71.222s
19Logan SargeantUSAWilliams Racing+ 71.449s
DNFLance StrollCANAston Martin Aramco Cognizant Formula One Team

(adp/nds)

Bintang NBA RJ Barrett Bagi Tips Jadi Pebasket Andal

Bintang NBA RJ Barrett berbagi tips kepada pada fan-fan Indonesia agar bisa menjadi pebasket andal di masa depan. Caranya ada dua, apa saja?

RJ Barrett diketahui tengah berada di Indonesia. Dia datang ke Jakarta untuk memperkuat Timnas Kanada FIBA World Cup 2023, di Indonesia Arena GBK, yang sudah dimulai sejak 25 Agustus hingga 3 September.

Di event bola basket terbesar di dunia tersebut, RJ memang menjadi andalan Timnas Kanada. Pebasket kelahiran 14 Juni 2000 itu mencatatkan rata-rata poin 14,7, empat rebounds, dan tiga assists.

Bintang NBA yang juga sukses mencatatkan rata-rata 19,6 poin, 5 rebounds dan 2,8 assists untuk memperkuat klub New York Knicks ini pada musim 2022-23.

Namun, untuk bisa seperti sekarang bukan hal yang mudah. RJ Barrett menyebut butuh kerja keras untuk mencapainya.

Baca juga: RJ Barret Terpesona Suporter di Indonesia Arena

“Tipsnya kerja keras dan menikmatinya,” kata RJ Barrett dalam acara meet and greet bersama RJ Barrett bersama Foot Locker Indonesia dan Puma di Senayan City, Jakarta, pada Rabu (30/8/2023).

“Saya bangun setiap hari pagi sekali, dan melakukan latihan keras. Terkadang saya hanya tidur tiga jam seperti hari ini,” ujarnya.

RJ Barrett diketahui baru membawa timnya menjadi juara Grup H. Mereka bersaing ketat melawan Latvia di Indonesia Arena pada Selasa (29/8/2023). Kanada menang atas Latvia 101-75.

“Sebelum berlatih, saya juga biasanya melakukan hal-hal yang saya suka dulu. Seperti bermain dengan keluarga, teman, dan kadang bermain dengan anjing saya,” tuturnya kemudian tertawa.

“Namun sebelum itu juga, pastikan lebih dulu semua berjalan dengan lancar. Selain itu, selama latihan juga harus disiplin,” RJ Barrett menambahkan.

Sementara itu, sejumlah pemain IBL turut hadir dalam acara meet and greet tersebut mengaku mendapat banyak masukan.

Seperti Daniel Wenas, Sandy Ibrahim, Kevin Moses hingga Jamarr Johnson juga ikut foto bareng bersama RJ Barrett. Putra legenda pebulutangkis Taufik Hidayat, Nayutama Prawira Hidayat bahkan tak ketinggalan turut hadir dalam acara tersebut. Ia ditemani Ami Gumilar, ibundanya.

“Kami memang penggemar basket. Pada dasarnya olahraga. Ini kesempatan langka jadi kenapa enggak,” kata Ami yang turut diamini putranya.

“Saya suka tim Kanada. Bedanya pemain Kanada dan Indonesia, Kanada jago banget dari skill dan team playnya beda,” Nayutama menimpali.

Hal serupa diungkapkan pemain IBL Sandy Ibrahim. Pebasket Satria Muda ini mengaku mendapat banyak pelajaran dengan hadirnya pemain bintang dunia.

“Saya lihat animo teman-teman suka basket luar biasa apalagi yang datang pemain nba. Kapan lagi pemain NBA bisa datang ke sini secara cuma-cuma. Kita bisa tanya, terus tanya jawab perspektif dia bagaimana, jadi bisa tahu pandangan dia kayak bagaimana sebagai seorang pemain NBA. Dan kita juga bisa foto segala macam. Menurut saya ini kesempatan langka,” kata Sandy terpisah.

“Saya sebagai pebasket tentu melihat cara bermainnya dan kita bisa belajar kedisplinan dan team work mereka saat kasih permainan terbaik. Banyak yang bisa kita petik pelajarannya,” Ujar Sandy.

Baca juga: Shin Tae-yong Sempatkan Nonton Kanada vs Latvia di FIBA World Cup 2023

Campers Jakarta Pede Berebut Tempat di DBL Indonesia All Star 2024

Percaya diri menjadi kunci Timothy Marvel Christiano, campers asal SMA Jubilee Jakarta, dalam menjalani seleksi akhir DBL Indonesia All Star 2024, di Kota Kasablanka, Minggu (28/4/2024).

Timothy masuk menjadi salah satu dari 28 campers (sebutan peserta DBL Camp) yang berebut tempat untuk dikirim ke Amerika Serikat pada Juli mendatang.

Ia tak hanya bersaing dengan 24 student athlete yang lolos seleksi top 50, kemudian top 24. Tapi juga berebut kuota dengan tambahan empat pemain lewat jalur wild card.

Baca juga: DBL Camp 2024 Hari Ini: Pengumuman 12 Atlet DBL Indonesia All Star

“Saya pede (percaya diri) saja. Walaupun ada nama-nama dari wildcard yang penting gas saja,” kata Timothy dalam laman DBL.

Pemain kelahiran Bekasi, 21 Januari 2007 ini tak ingin membagi fokusnya dengan hal-hal lain, yang malah membuatnya tak maksimal pada scrimmage games terakhir.

“Intinya itu percaya diri saja. Saya enggak takut lawan teman-teman dari daerah lain. Saya siap saja dan yang penting selalu dengarkan intruksi pelatih,” ujarnya.

Baca juga: Abraham Damar: DBL Camp Bantu Perkembangan Basket Indonesia

Hal serupa diungkapkan campers Jakarta lainnya, Kenneth Leebron Huang. Berhasil menembus 24 besar untuk kali pertama di DBL Camp, membuatnya terpacu memberikan yang lebih baik.

Pada edisi sebelumnya, ia terhenti di top 50 DBL Camp. “Yang pasti mau jadi All-Star karena sudah nanggung, sudah top 24, jadi ya berusaha berserah kepada Tuhan,” kata Kenneth.

“Do your best and let God do the rest. saya ingin main lebih baik lagi. Semua itu ada di tangan Tuhan dan saya hanya bisa berusaha,” tuturnya.

(mcy/krs)

Hamilton dan Leclerc Didiskualifikasi dari F1 GP AS 2023

Lewis Hamilton dan Charles Leclerc didiskualifikasi dari balapan F1 GP Amerika Serikat 2023. Keduanya dianggap melanggar regulasi teknis. Duh!

Hamilton sejatinya mendapat hasil bagus saat finis runner-up di Circuit of The Americas, Senin (23/10/2023) dini hari WIB. Dia sempat memberikan perlawanan sengit kepada pebalap Red Bull Racing Max Verstappen yang jadi pemenang.

Sementara, Leclerc yang meraih pole position justru tampil buruk dan akhirnya harus puas finis posisi keenam. Leclerc tampil buruk selepas start ketika disalip Lando Norris.

Tak lama setelah balapan tuntas, tim Ferrari dan Mercedes dipanggil steward karena ada masalah saat pengecekan mobil kedua pebalap. Steward menemukan posisi plank wear tidak sesuai aturan teknis F1.

Baca juga: Hasil F1 GP AS 2023: Verstappen Menang Lagi

Alhasil, FIA mendiskualifikasi Hamilton dan Leclerc dari balapan F1 GP AS 2023 alias tidak mendapat poin, karena dianggap melanggar peraturan. Posisi akhir balapan selain Verstappen pun berubah.

Norris naik sebagai runner-up disusul Carlos Sainz Jr. di posisi ketiga. Sergio Perez naik ke posisi keempat, disusul George Russell di posisi kelima. Urutan 10 besar diisi oleh Pierre Gasly, Lance Stroll, Yuki Tsunoda, Alex Albon, dan Logan Sargeant.

Bagi Sargeant yang merupakan pebalap Rookie di tim Williams akhirnya meraih poin pertamanya di F1 2023, karena finis posisi ke-10. Sebelum ini finis tertinggi pebalap 22 tahun itu adalah urutan ke-11 di GP Inggris.

FIA juga sempat menyelidiki masalah serupa di plank wear milik Verstappen dan Norris, tapi keduanya dianggap tidak melanggar aturan.

Hasil F1 GP AS 2023 Terbaru

PosisiPebalapTimWaktu
1Max VerstappenOracle Red Bull Racing56 Laps
2Lando NorrisMcLaren F1 Team+ 10.730s
3Carlos SainzScuderia Ferrari+ 15.134s
4Sergio PerezOracle Red Bull Racing+ 18.460s
5George RussellMercedes AMG Petronas F1 Team+ 24.999s
6Pierre GaslyBWT Alpine F1 Team+ 47.996s
7Lance StrollAston Martin Aramco Cognizant Formula One Team+ 48.696s
8Yuki TsunodaScuderia AlphaTauri+ 74.385s
9Alex AlbonWilliams Racing+ 86.714s
10Logan SargeantWilliams Racing+ 87.998s
11Nico HulkenbergMoneyGram Haas F1 Team+ 89.904s
12Valtteri BottasAlfa Romeo F1 Team Stake+ 98.601s
13Zhou GuanyuAlfa Romeo F1 Team Stake+ 1 Lap
14Kevin MagnussenMoneyGram Haas F1 Team+ 1 Lap
15Daniel RicciardoScuderia AlphaTauri+ 1 Lap
Fernando AlonsoAston Martin Aramco Cognizant Formula One TeamDNF
Oscar PiastriMcLaren F1 TeamDNF
Esteban OconBWT Alpine F1 TeamDNF
Lewis HamiltonMercedes AMG Petronas F1 TeamDSQ
Charles LeclercScuderia FerrariDSQ
Baca juga: Hasil Sprint Race F1 GP AS 2023: Verstappen Pemenangnya

Ghaisan Awali BNI Sirnas B di Kalsel dengan Kemenangan Dua Gim

Dari ajang bulutangkis BNI Sirkuit Nasional (Sirnas) B Kalimantan Selatan 2023 di Kota Banjarbaru sampai Senin (26/6) sore, salah satu hasilnya adalah kemenangan unggulan pertama Tunggal Pemula Putra Ghaisan Haidar Tsaqib.

GOR Berkat Abadi menjadi tempat perhelatan ajang bulutangkis BNI Sirnas B Kalsel 2023, yang mempertandingkan kelompok usia dini (U-11), anak-anak (U-13), dan pemula (U-15).

Ada 10 nomor yang dimainkan di BNI Sirnas B Kalsel 2023 yakni Tunggal Anak-Anak Putra (TAPA), Tunggal Anak-Anak Putri (TAPI), Ganda Anak-Anak Putra (GAPA), Ganda Anak-Anak Putri (GAPI), Tunggal Pemula Putra (TPA), Tunggal Pemula Putri (TPI), Ganda Pemula Putra (GPA), Ganda Pemula Putri (GPI), Tunggal Usia Dini Putra (UDPA/TUDA), dan Tunggal Usia Dini Putri (UDPI/TUDI).

Baca juga: Anandirga Ungguli Alif, Antoine Lewati Tirta di BNI Sirnas B Banjarbaru

Dalam rangkaian pertandingan di GOR Berkat Abadi, Senin (26/6), salah satu partainya adalah babak 64 besar TPA. Ada unggulan pertama Ghaisan Haidar Tsaqib yang memulai kiprahnya di GOR Berkat Abadi dengan meraih kemenangan atas Ahmad Naufal lewat skor 21-8, 21-9.

Di babak 32 besar Ghaisan, yang sebelum ini sudah beberapa kali unjuk gigi di BNI Sirnas 2023 lewat laju ke partai puncak termasuk juara di Surabaya, akan menghadapi Restu Berani yang lolos ke babak tersebut usai mengalahkan Faiz Fathur Rahman 21-5, 21-6.

Selain itu unggulan kedua Rafif Ismail Alqusyairi juga meraih kemenangan 21-9, 21-7 ketika melawan Khedira Pratama Kurniawan. Sedangkan unggulan ketiga Rayhan Pandu Aksara mengalahkan Zahy Vejjajiva Sayid Al Fatih dengan 21-5, 21-5.

Baca juga: Makin Seru Nonton BNI Sirnas B 2023 di Banjarbaru, Ada Hadiahnya!

Sebelumnya di 64 besar TPI, Salma Khayyira Niesha memastikan lolos ke 32 besar usai melewati Alifah Humaira dengan 21-6, 21-10. Salma sudah ditunggu unggulan pertama Raisya Affatunisa yang mendapatkan bye.

Sementara itu Viona Revani Loescia menang 21-14, 21-7 atas Alviah Wahdah untuk memastikan diri berhadapan dengan unggulan kedua Mevlida Hasna Amalea di babak 32 besar.

Ajang BNI Sirnas 2023 sendiri merupakan turnamen bulutangkis berskala nasional yang menjadi ajang unjuk gigi para pebulutangkis muda potensial. Gelaran itu sekaligus menjadi tolak ukur pembinaan bulutangkis nasional sekaligus ajang buat para atlet dalam menjaring poin nasional dan pematangan atlet-atlet muda potensial.

Baca juga: BNI Sirnas 2023 Ikut Munculkan Peluang Usaha bagi Warga Lokal

Lewat BNI Sirnas 2023, para pebulutangkis muda Indonesia akan mengerahkan kemampuan terbaiknya dalam usaha merintis jalan ke pelatnas PBSI sekaligus menjadi pemain top andalan Merah Putih di masa depan.

Ajang pencarian bibit muda bulutangkis ini didukung penuh oleh BNI. Sebagai salah bentuk komitmen untuk mempromosikan dan mempopulerkan BNI Sirkuit Nasional 2023, PP PBSI secara resmi juga bekerjasama dengan detikcom dan CNN Indonesia sebagai official media and broadcasting partner di semua seri BNI Sirnas 2023.

Simak rangkuman informasi BNI Sirkuit Nasional 2023 selengkapnya di halaman khusus berikut ini!

Lihat Video: Juara di Surabaya, Ghaisan Bertekad Taklukkan BNI Sirnas B Kalsel 2023

[Gambas:Video 20detik]

(raw/krs)

Hasil Lengkap BNI Sirnas C di Palembang, Ini Para Juaranya!

Tuntas sudah rangkaian final BNI Sirkuit Nasional C Sumatera Selatan 2023 di GOR Dempo, Palembang. Berikut hasil lengkap partai-partai final beserta para juaranya!

Court 1 – GOR Dempo

GDC
Erwin Rendana Purnomo/Nadia Marshela Putri vs Renaldi Samosir/Putri Syaikah Ulima Hidayat
14-21, 19-21

TDI
Eprilia Mega Ayu Swastika vs Ruselli Hartawan
9-21, 13-21

TDA
Yonathan Ramlie vs Muhammad Febriansyah
21-10, 13-21, 21-18

VETERAN
Alvent Yulianto/Bambang Supriyanto vs Admiral Heppy/Risdianto
21-12, 21-7

GDI
Anggia Shitta Awanda/Putri Larasati vs Annisya Widya Permatasari/Ruselli Hartawan
21-12, 21-13

GDA
Ade Yusuf Santoso/Gerardo Rizqullah Hafidz vs Hafiz Faisal/Reza Dwicahya Purnama
19-21, 29-30

Court 2 – GOR Dempo

GDC U23
Gerardo Rizqullah Hafidz/Farica Abela vs Ahmad Sasfariansyah Siregar/Sherly Asti Pratiwi
16-21, 21-15, 19-21

GDA U23
Lutfi Afriand/M. Rizky Syahendra vs Kleopas Binar Putra Prakoso/Zidane Attauba Efendi
13-21, 21-11, 18-21

TDA U23
Muhammad Rizky Akbar vs Jelang Fajar
19-21, 10-21

TDI U23
Sarah Daisy Theresia Christina Rambitan vs Saifi Rizka Nurhidayah
16-21, 21-10, 11-21

GDI U23
Nethania Irawan/Putri Syaikah Ulima Hidayat vs Farica Abela/Sherly Asti Pratiwi
21-15, 21-19

Baca juga: BNI Sirnas Palembang Jadi Berkah buat Pedagang!

Palembang, Sumatera Selatan menjadi tuan rumah seri ke-11 gelaran BNI Sirnas 2023, sebuah turnamen bulutangkis berskala nasional yang menjadi ajang unjuk gigi para pebulutangkis muda potensial. GOR Dempo menjadi venue utama perhelatan ini sepanjang 20-25 November.

Berbeda dengan gelaran BNI Sirnas A dan B sebelumnya, yang menghadirkan aksi pebulutangkis-pebulutangkis muda dari pemula sampai remaja, di BNI Sirnas C yang bertanding adalah pebulutangkis dengan kategori Dewasa U-23, Dewasa Bebas, dan Veteran minimal usia 40 tahun.

Ada 11 nomor yang dimainkan di BNI Sirnas C Palembang 2023. Rinciannya adalah TDA (Tunggal Dewasa Putra), TDA U23 (Tunggal Dewasa Putra U-23), TDI (Tunggal Dewasa Putri), TDI U23 (Tunggal Dewasa Putri U-23), GDA (Ganda Dewasa Putra), GDA U23 (Ganda Dewasa Putra U-23), GDI (Ganda Dewasa Putri), GDI U23 (Ganda Dewasa Putri U-23), GDC (Ganda Campuran Dewasa), GDC U23 (Ganda Campuran Dewasa U-23), dan Veteran.

Baca juga: Nonton BNI Sirnas Palembang Bisa Sekaligus Wisata di Tepi Danau

Simak rangkuman informasi BNI Sirkuit Nasional 2023 selengkapnya di halaman khusus berikut ini!

Saksikan Video ‘Selamat! Ruselli Hartawan Sabet Juara di BNI Sirnas C Sumsel 2023’:

[Gambas:Video 20detik]

Hasil Sprint Race F1 GP Qatar 2023- Oscar Piastri Pemenangnya

Selesai sudah Sprint Race F1 GP Qatar 2023. Pebalap McLaren Oscar Piastri jadi pemenangnya.

Pada balapan yang digelar di Sirkut Lusail, Minggu (8/10/2023) dini hari WIB, Piastri memimpin di pole position diikuti Lando Norris selaku rekan setim dan pebalap Red Bull Max Verstappen.

Piastri langsung tancap gas sedari start, sementara Norris dan Verstappen saling beradu. Verstappen melorot ke posisi lima di awal balapan.

Pertarungan ketat terjadi antara Piastri dan George Russell untuk berebut posisi terdepan. Permasalahan ban di lap ke-19 alias lap terakhir membuat Russell gagal podium.

Baca juga: Max Verstappen Juara Dunia F1 2023

Posisinya diambil alih Norris yang kemudian finis posisi ketiga. Piastri dengan nyaman menuntaskan balapan di posisi terdepan diikuti oleh Verstappen di posisi kedua.

Russell harus puas di posisi keempat diikuti rekan setim di Mercedes GP Lewis Hamilton. Pebalap Ferrari Carlos Sainz Jr di posisi keenam, lalu Alex Albon, Fernando Alonso, Pierre Gasley, dan Valtteri Bottas melengkapi 10 besar.

Charles Leclerc yang sempat melesat di awal mengalami kesulitan di akhir balapan karena ban, sehingga harus puas finis ke-12.

Pebalap Red Bull Sergio Perez gagal finis karena terlibat insiden dengan Nico Hulkenberg dan Esteban Ocon. Hal ini membuat Verstappen mempertahankan gelar juara dunia F1 untuk tiga musim beruntun.

Hasil Sprint Race F1 GP Qatar 2023

POSPebalapTimWaktu
1Oscar PiastriMcLaren F1 Team19 Laps
2Max VerstappenOracle Red Bull Racing+ 1.871s
3Lando NorrisMcLaren F1 Team+ 8.497s
4George RussellMercedes AMG Petronas F1 Team+ 11.036s
5Lewis HamiltonMercedes AMG Petronas F1 Team+ 17.314s
6Carlos SainzScuderia Ferrari+ 18.806s
7Alex AlbonWilliams Racing+ 19.864s
8Fernando AlonsoAston Martin Aramco Cognizant Formula One Team+ 21.180s
9Pierre GaslyBWT Alpine F1 Team+ 21.742s
10Valtteri BottasAlfa Romeo F1 Team Stake+ 22.208s
11Yuki TsunodaScuderia AlphaTauri+ 22.863s
12Charles LeclercScuderia Ferrari+ 24.860s
13Kevin MagnussenMoneyGram Haas F1 Team+ 24.970s
14Zhou GuanyuAlfa Romeo F1 Team Stake+ 26.868s
15Lance StrollAston Martin Aramco Cognizant Formula One Team+ 29.532s
Nico HulkenbergMoneyGram Haas F1 TeamDNF
Esteban OconBWT Alpine F1 TeamDNF
Sergio PerezOracle Red Bull RacingDNF
Logan SargeantWilliams RacingDNF
Liam LawsonScuderia AlphaTauriDNF
Baca juga: F1 2023: Verstappen Tiga Poin Menuju Titel Juara Dunia Ketiga

Hasil Drawing Thomas & Uber Cup 2024

Berikut ini hasil drawing Thomas dan Uber Cup 2024. Tim Thomas Indonesia satu grup dengan juara Thomas Cup 2022, India.

Undian Thomas & Uber Cup 2024 digelar di Chengdu, China, Jumat (22/3/2024) sore WIB.

Tim Thomas Cup Indonesia masuk grup C. Jonatan Christie dkk. akan bersaing dengan India, Thailand, dan Inggris.

Sementara itu, tim Uber Indonesia tergabung di Grup C. Jepang, Hong Kong, dan Uganda akan jadi saingan Indonesia di grup ini.

Baca juga: Setelah All England, PBSI Kini Fokus Thomas dan Uber Cup

Piala Thomas & Uber 2024 akan digelar di Chengdu, China, pada 28 April – 5 Mei 2024. Pertandingan akan dimainkan di Chengdu High-tech Zone Sports Center Gymnasium.

India merupakan juara bertahan Piala Thomas, sementara Korea Selatan pemenang Piala Uber dua tahun lalu.

Indonesia sendiri merupakan runner-up Piala Thomas 2022 usai kalah dari India di final. Sementara tim Uber Indonesia dua tahun lalu dihentikan China di perempatfinal.

Baca juga: PBSI Tetap Lakukan Evaluasi meski Sukses di All England

Hasil drawing Piala Thomas & Uber 2024

Piala Thomas

Grup A

China
Korea Selatan
Kanada
Australia

Grup B

Jepang
Chinese Taipei
Jerman
Republik Ceko

Grup C

Indonesia
India
Thailand
Inggris

Grup D

Denmark
Malaysia
Hong Kong
Aljazair

Baca juga: Ranking Race to Paris 2024: Jonatan Christie Melesat!

Piala Uber

Grup A

China
India
Kanada
Singapura

Grup B

Thailand
Chinese Taipei
Malaysia
Australia

Grup C

Jepang
Indonesia
Hong Kong
Uganda

Grup D

Korea Selatan
Denmark
Amerika Serikat
Meksiko

Baca juga: Alasan PBSI Kirim Gregoria dan Apri/Fadia ke Swiss Open 2024

DBL Camp 2024- Bryan Jumpa Mama Tercinta Usai Terpisah 2 Tahun

Momen haru hadir di DBL Camp 2024. Rafaelino Bryan, siswa SMAN 1 Kawangkoan, Minahasa, bertemu dengan mama tercinta usai terpisah selama dua tahun.

Berpisah dengan mama tercinta selama dua tahun menjadi hal berat bagi seorang anak. Hal itu terpaksa dijalani Rafaelino Bryan, siswa SMAN 1 Kawangkoan, Minahasa, Sulawesi Utara.

Namun, momen menyedihkan itu akhirnya sirna setelah ibu dan anak itu akhirnya berjumpa lewat kegiatan Kopi Good Day DBL Camp & Fest 2024.

Ya, Bryan menjadi salah satu siswa SMAN 1 Kawangkoan, Minahasa, Sulawesi Utara, yang lolos mengikuti kamp kepelatihan yang digagas DBL Indonesia.

Dalam kisah yang diceritakan di laman DBL, Bryan lahir di Malang, Jawa Timur. Ia kemudian besar di Sidoarjo hingga SMP.

Sampai pada 2020, pandemi COVID-19 yang melanda dunia dan Indonesia, membuat dirinya harus berpisah dengan mamanya, Vivi Irene Mersie Worotitjan.

“Tahun 2020 waktu awal COVD-19, Mama kena musibah. Saat itu Mama harus menafkahi keluarga,” ungkap Bryan menceritakan kisahnya.

“Akhirnya, Mama ketemu jalan buat bekerja di Jakarta dan menyekolahkan aku SMA di Manado di tahun 2020. Aku di Manado tinggal sama Opa (Kakek) dan Adik. Sejak saat itu aku jarang pernah ketemu Mama. Baru ketemu Mama dua tahun lalu,” kata Bryan.

Kondisi pahit itu pula sempat memupuskan mimpi Bryan kecil yang semula punya cita-cita sebagai pemain basket dan berharap dapat bermain di DBL Arena karena kerap melintasi Jalan Ahmad Yani (alamat DBL Arena).

Setamat SMP ia harus pergi meninggalkan Sidoarjo untuk melanjutkan sekolah di kampung mamanya, di Kawangkoan.

Namun ternyata semesta punya caranya dalam mengabulkan doa-doa Bryan. Tidak ada yang menyangka lewat SMAN 1 Kawangkoan justru mimpi Bryan bermain di kompetisi DBL malah terwujud. Padahal SMAN 1 Kawangkoan sempat hiatus dari kegiatan basket.

Tidak disangka pula di tahun terakhirnya membela SMAN 1 Kawangkoan, Bryan terpilih jadi First Team DBL Manado dan mendapat kesempatan berangkat ke DBL Camp 2024 di Jakarta.

Baca juga: DBL Camp 2024: Vidcall Jadi Cara Dhion Obati Kerinduan pada Orang Tua

Sempat Harap-harap Cemas

Kabar Bryan masuk dalam DBL Camp 2024 pun sampai di telinga sang mama. Termasuk seluruh informasi aktivitas Bryan selama mengikuti kompetisi Honda DBL 2023 di North Sulawesi Series sebelumnya.

Bahkan menjelang keberangkatan Bryan ke Jakarta, Mama Vivi berdoa agar perjalanan anaknya lancar sampai tujuan. Ia sampai meminta jemaah gereja di kampung tempat Bryan tinggal bersama Opa-nya -di Desa Kiawa, Kabupaten Minahasa- untuk menggelar doa bersama.

“Saat itu belum ada kabar bandara Sam Ratulangi ditutup karena erupsi Gunung Ruang,” kata Mama Vivi.

Begitu mendengar kabar bandara Sam Ratulangi ditutup karena erupsi Gunung Ruang dan perjalanan harus dialihkan jalur darat menuju Palu, Sulawesi Tengah. Doa terus dipanjatkan Mama Vivi. Ia berharap tak ada gangguan yang dirasakan anaknya dan rombongan lainnya dari DBL Seri Manado.

“Saya pantau terus, bahkan ketika pesawatnya dari Makassar delay pun saya dapat kabar dari Bryan,” ucapnya.

Namun kabar delay itu ia terima terlambat. Mama Vivi sudah terlanjur dalam perjalanan dari tempat tinggalnya di Rawamangun, menuju hotel tempat menginap para campers di kawasan Gatot Subroto. Alhasil, Mama Vivi harus menunggu lama anak ketiganya itu.

“Enggak masalah nunggunya, tapi saya khawatir dia kan besoknya harus beep test. Saya kuatkan dia terus. Saya sampaikan ini sudah takdir Tuhan, ikut saja. Tuhan pasti punya rencana yang indah buat Bryan,” terang Mama Vivi.

Jadwal kedatangan sampai hotel yang diperkirakan Senin pukul 23.00 WIB akhirnya molor hingga Selasa dini hari pukul 01.30 WIB. Ada dua minibus yang menjemput rombongan campers DBL Manado ke hotel. Bryan ada di minibus yang datang terakhir.

Wajah lemas dan kantuk yang terlihat dari ibu dan anak itu seketika sirna saat mereka bertemu. Pelukan hangat seorang ibu pun menyambut Bryan.

“Saat aku ketemu Mama tadi malam, Mama sampai nangis karena akhirnya aku bisa ikut DBL, sampai DBL Camp dengan perjuanganku sendiri,” kata Bryan.

“Aku enggak menyangka bisa ikut DBL. Puji Tuhan juga bisa kepilih First Team. Aku ingin bikin bangga Mama,” ujarnya.

Baca juga: Gerry Sunandy Kini Ikutan DBL Camp, Dulu Cuma Nonton di YouTube

(mcy/pur)

Hasil Malaysia Masters 2024- Shesar ke Babak Utama, Jumpa Antonsen

Tunggal putra Indonesia Shesar Hiren Rhustavito lolos ke babak utama Malaysia Masters 2024. Di babak 32 besar, ia ditunggu unggulan kedua dari Denmark, Anders Antonsen.

Shesar memastikan tiket kelolosan setelah mengalahkan Sathish Kumar Karunakaran (India) dalam pertandingan tiga gim 13-21, 22-20, 21-13 di babak kualifikasi final yang bergulir di Axiata Arena, pada Selasa (21/5).

Sebelum melawan Sathish, Shesar sudah lebih dulu mengalahkan S. Sankar Muthusamy Subramanian (India) 21-12, 21-17 pada partai kualifikasi Malaysia Masters 2024 pagi tadi.

Baca juga: Hasil Malaysia Masters 2024: Beda Nasib Alwi Farhan dan Shesar Vito

“Bersyukur hari ini bisa bermain maksimal dan memenangkan pertandingan. Dua pertandingan yang dijalani hari ini juga tidak mudah. Perlu perjuangan keras untuk bisa melaju ke babak utama,” kata Shesar Vito dalam kutipannya melalui PBSI.

“Pertandingan tadi berlangsung sampai rubber game karena di gim pertama, saya belum mengantisipasi laju shuttlecock yang kencang. Selain itu saya juga kurang agresif dan banyak melakukan kesalahan sendiri. Lawan juga lebih menekan dan menyerang.”

“Di gim kedua, saya bisa unggul terus dan cukup jauh. Sayang di poin-poin kritis saya malah terlalu bermain hati-hati. Fokus saya juga sempat hilang. Bola-bola yang seharusnya bisa saya matikan, malah mati sendiri,” lanjutnya.

“Di gim ketiga saya mencoba bermain lebih sabar. Ternyata berhasil. Saya bisa melaju ke babak utama,” lanjutnya,” ucap Shesar.

Baca juga: Jadwal Malaysia Masters 2024 Hari Ini: Alwi Mulai dari Kualifikasi

Kemenangan itu membawa pebulutangkis berusia 30 tahun itu bertemu Anders di babak 32 besar Malaysia Masters 2024. Ini adalah pertemuan kedua bagi Shesar dan Antonsen dengan head to head imbang 1-1.

Pertemuan terakhir keduanya tersaji di Thailand Open 2022 dengan kemenangan Vito atas Antonsen 17-21, 21-19, 21-16.

“Besok lawan Antonsen, saya akan recovery badannya dulu. Apalagi hari ini saya main dua kali. Tentu cukup menguras tenaga. Saya akan mempersiapkan kondisi badan saya sebaik mungkin untuk menghadapi pertandingan babak utama,” Shesar Vito mengungkapkan.

“Menang-kalah itu biasa. Yang penting bisa main maksimal dulu. Lawan Antonsen besok saya akan main nothing to lose saja. Karena saya cukup lama tidak bertemu pemain-pemain top dunia, jadi ya main tanpa beban saja. Berusaha menikmati pertandingan saja,” tuturnya.

(mcy/krs)

Hasil Practice MotoGP Mandalika 2024- Bastianini Ungguli Martin

Enea Bastianini menjadi yang tercepat dalam sesi Practice MotoGP Mandalika 2024. Ia mengungguli duo Pramac Racing, Jorge Martin dan Franco Morbidelli.

Berlangsung di Sirkuit Internasional Mandalika, Lombok Tengah, Jumat (27/9) siang WIB, para rider langsung tancap gas sejak awal. Pada enam menit pertama, Pedro Acosta menjadi yang tercepat dengan catatan waktu 1 menit 31,7 detik. Namun ia mengalami crash saat sesi latihan belum genap delapan menit.

10 menit pertama berlalu, Franco Morbidelli berada di posisi teratas dengan 1 menit 30,935 detik. Marc Marquez nyaris terjatuh di tikungan 10, namun ia berhasil menjaga keseimbangan dan melanjutkan sesi.

Baca juga: Sudah Beli Online, Tukar Tiket MotoGP Mandalika 2024 di Sini

Morbidelli lalu mempertajam waktu terbaiknya menjadi 1 menit 30,673 detik. Namun catatan tersebut sukses dipatahkan Marc Marquez dengan catatan waktu terbaik 1 menit 30,590 detik. Saat sesi latihan tersisa 34 menit, Acosta menyodok lagi ke posisi pertama usai mencetak waktu 1 menit 30,411 detik.

Marco Bezzecchi mencatat waktu 1 menit 30,415 detik di sisa waktu 24 menit, namun hanya menempatkannya di posisi kedua. Baru di sisa waktu kurang dari 14 menit catatan Acosta dipatahkan Jorge Martin yang mengukir waktu 1 menit 30,317 detik.

Martin lalu mempertajam waktunya menjadi 1 menit 29,670 detik. Namun di sisa waktu kurang dari 10 menit, Enea Bastianini merebut posisi teratas dengan catatan waktu terbaik 1 menit 29,630 detik. Ia tak tergoyahkan hingga sesi latihan usai.

Baca juga: Hasil FP1 MotoGP Mandalika 2024: Morbidelli Tercepat

Martin berada di urutan kedua, disusul Morbidelli di urutan tiga dengan 1 menit 29,709 detik. Francescso Bagnaia mengikuti di posisi empat dengan 1 menit 29,712 detik. Selanjutnya ada Bezzecchi yang duduk di posisi lima dengan 1 menit 29,77 detik.

Fabio Quartararo menempati posisi enam dengan 1 menit 29,844 detik, diikuti Marquez dengan selisih waktu 0,041 detik di belakang rider Yamaha tersebut. Acosta duduk di peringkat delapan dengan 1 menit 29,961 detik.

Fabio Di Giannantonio ada di posisi sembilan dengan 1 menit 29,986 detik. Maverick Vinales melengkapi 10 besar pebalap yang lolos ke Q2 usai mengukir waktu 1 menit 30 detik pas. 12 pebalap lainnya harus tampil dari Q1 pada Sabtu besok demi menentukan posisi grid.

Baca juga: Bagnaia Juara MotoGP Mandalika 2023, Kini Bisa Berjaya Lagi?

2024 Indonesian MotoGP, Mandalika – Practice Results

PosRiderNatTeamTime/DiffLapMax
1Enea BastianiniITADucati Lenovo (GP24)1’29.630s20/25316k
2Jorge MartinSPAPramac Ducati (GP24)+0.040s20/25317k
3Franco MorbidelliITAPramac Ducati (GP24)+0.079s20/21315k
4Francesco BagnaiaITADucati Lenovo (GP24)+0.082s22/23315k
5Marco BezzecchiITAVR46 Ducati (GP23)+0.140s26/28312k
6Fabio QuartararoFRAMonster Yamaha (YZR-M1)+0.214s28/29312k
7Marc MarquezSPAGresini Ducati (GP23)+0.255s26/27315k
8Pedro AcostaSPARed Bull GASGAS Tech3 (RC16)*+0.331s19/20317k
9Fabio Di GiannantonioITAVR46 Ducati (GP23)+0.356s20/24309k
10Maverick ViƱalesSPAAprilia Racing (RS-GP24)+0.370s21/26314k
11Johann ZarcoFRALCR Honda (RC213V)+0.456s25/26312k
12Luca MariniITARepsol Honda (RC213V)+0.466s25/26312k
13Alex RinsSPAMonster Yamaha (YZR-M1)+0.559s23/27312k
14Brad BinderRSARed Bull KTM (RC16)+0.573s25/26317k
15Aleix EspargaroSPAAprilia Racing (RS-GP24)+0.675s21/25313k
16Jack MillerAUSRed Bull KTM (RC16)+0.781s26/27314k
17Takaaki NakagamiJPNLCR Honda (RC213V)+0.813s26/26310k
18Raul FernandezSPATrackhouse Aprilia (RS-GP24)+0.977s21/26313k
19Joan MirSPARepsol Honda (RC213V)+1.162s20/25315k
20Augusto FernandezSPARed Bull GASGAS Tech3 (RC16)+1.265s24/25312k
21Alex MarquezSPAGresini Ducati (GP23)+1.368s18/21309k

(adp/krs)

Hong Kong Open 2024- Dramatis! Putri KW Lanjut ke Final

Putri Kusuma Wardani hadapi Tomoka Miyazaki di semifinal Hong Kong Open 2024. Putri KW menang dramatis dalam rubber game!

Hong Kong Open 2024 masuki babak semifinal di Hong Kong Coliseum, Sabtu (14/9/2024). Di nomor tunggal putri, ada duel Indonesia vs Jepang yakni Putri Kusuma Wardani vs Tomoka Miyazaki.

Putri KW menangi gim peratama 22-20, kalah di gim kedua 21-23, lalu menang 21-18 di rubber game dalam laga 50 menit!

Baca juga: Hong Kong Open 2024: Sabar/Reza ke Final Usai Kalahkan Leo/Bagas

Jalannya pertandingan.

Tomoka Miyazaki unggul duluan di awal gim pertama 6-4. Putri KW berikan perlawanan dengan bola-bola panjang untuk imbangi 7-7. Miyazaki tancap gas lagi untuk tutup interval 11-7.

Miyazaki mengantisipasi dengan cepat serangan Putri. Pukulan smash kerasnya terus menjaga jarak 14-10.

Putri kesulitan untuk mengembalikan serangan Miyazaki. Miyazaki melaju 19-15, tapi Putri belum menyerah dan mengejar 18-19. Miyazaki di atas angin, tapi serangan cepat Putri kembali samakan poin 20-20.

Pukulan Miyazaki yang keluar membuat Putri berbalik 21-20. Putri akhirnya menang 22-20 setelah pukulan Miyazaki melebar!

Baca juga: Sabar/Reza Tak Sangka Lolos ke Final Hong Kong Open 2024

Putri KW mengawali gim kedua dengan baik untuk unggul duluan 2-0. Putri menjaga keunggulannya 9-4 lalu tutup interval 11-6 saat pukulan Tomoka Miyazaki nyangkut di net.

Miyazaki merespons dengan mendekat 10-12, lalu samakan poin 12-12 ketika pukulan Putri keluar. Miyazaki balik mempin 15-13.

Masuki poin kritis, pukulan Putri yang nyangkut di net buat Miyazaki jaga jarak 18-16. Dua kali kesalahan Miyazaki kembali bikin Putri bisa samakan 18-18.

Pukulan putri melebar, Miyazaki punya kesempatan game point 20-19. Putri kirim smash keras dan samakan lagi 20-20. Lucky ball Miyazaki bikin dirinya unggul 21-20.

Drama lagi! Miyazaki yang dalam posisi sempurna untuk balikan bola tanggung malah mengirim pukulan menyilang di dekat net dan apesnya gagal, 21-21. Miyzaki tebus kesalahannya dengan drop shot untuk menutup kemenangan di gim kedua 23-21.

Baca juga: Leo/Bagas Alihkan Fokus ke China Open 2024

Lanjut ke rubber game, Putri Kusuma Wardani tancap gas untuk memimpin 5-1. Putri memimpin dengan nyaman di interval 11-3.

Putri terus di atas angin, Miyazaki tampak sudah kepayahan. Dirinya memimpin 10 poin, 15-5. Miyzaki rupanya belum menyerah, dulang enam poin beruntun untuk mengejar 11-15.

Jual beli pukulan menyilang ditampilkan keduanya. Putri menutup dengan pukulan keras yang membuat Miyazaki terjungkal, 18-12.

Miyazaki terus menekan di poin-poin kritis. Namun pukulannya melebar, bikin Putri capai match point 20-16. Dua kesalahan Putri bikin Miyzakaki mendekat lagi 18-20, tapi Putri akhirnya menang 21-18 setelah pukulan Miyazaki out!

(aff/cas)

Jadwal Atlet Panahan RI di Olimpiade Paris 2024 Hari Ini

Tim Indonesia mengawali perjuangan di Olimpiade 2024, Paris, pada Kamis (25/7) lewat cabor panahan. Mereka bakal kumpulkan poin demi penentuan peringkat!

Penyelenggaraannya dilakukan di Esplanade des Invalides, di jantung kota Paris. Sebanyak 128 atlet-atlet terbaik dunia akan berebut menjadi terbaik di pesta olahraga paling besar sejagat raya yang bergulir hingga 4 Agustus mendatang.

Baca juga: Daftar 29 Atlet Indonesia di Olimpiade Paris 2024

Dari jumlah itu, Indonesia termasuk di dalamnya. Mereka ialah Diananda Choirunisa, Syifa Nurafifah Kamal, Rezza Octavia, dan Arif Pangestu.

Keempat atlet panahan ini akan memulai perjuangannya untuk melakoni babak pemeringkatan.

Menurut jadwal di laman Olympic, Diananda Choirunisa, Syifa Nurafifah Kamal, Rezza Octavia di nomor Women’s Individual Ranking Round pada pukul 14.30 WIB.

Kemudian disusul Arif Pangestu yang akan bertanding di Men’s Individual Ranking Round pada pukul 19.15 WIB.

Baca juga: Rani Vs Lebron James, Tim Indonesia Siap Diadu dalam Defile Olimpiade 2024

Ketua Umum PB Perpani Arsjad Rasjid sebelumnya berharap panahan Indonesia di Paris nanti dapat mengembalikan kejayaannya seperti saat Olimpiade 36 tahun silam.

Saat itu, tiga srikandi yakni Nurfitriyana Saiman, Lilies Handayani, dan Kusuma Wardhani berhasil meraih medali pertama bagi Indonesia di Olimpiade Seoul.

“Semoga Panahan Indonesia bisa kembali menyumbangkan medali setelah terakhir pada Olimpiade 1988 silam,” kata Arsjad saat melepas tim ke Paris.

Jadwal Atlet Indonesia di Olimpiade 2024, Kamis (25/7)

Lokasi:Esplanade des Invalides

Diananda Choirunisa, Syifa Nurafifah Kamal, Rezza Octavia – nomor Women’s Individual Ranking Round- pukul 14.30 WIB.

Arif Pangestu -Men’s Individual Ranking Round – pukul 19.15 WIB.

(mcy/aff)

Indonesia Ajukan Tiga Event Basket Kelas Dunia hingga 2030

Indonesia melalui PP Perbasi mengajukan diri kepada FIBA menjadi tuan rumah event-event level dunia kelompok usia hingga 2030.

Kabar itu disampaikan Sekretaris Jenderal PP Perbasi, Nirmala Dewi, dalam keterangannya di GBK Arena, pada Selasa (2/7/2024).

Dalam penjelasannya, induk organisasi bola basket nasional itu telah melakukan diskusi dengan Menpora Dito Ariotedjo, sebelum menyodorkan surat pengajuan resmi kepada FIBA beberapa waktu lalu.

Salah satunya, Kejuaraan Dunia U-19 putri yang akan diselenggarakan pada 2027 mendatang.

“Perbasi itu memang sudah propose ke FIBA atas izin Kemenpora karena kami sudah izin Pak Menpora juga, bersama FIBA, pada saat itu (awal Mei). Pada prinsipnya disetujui karena kami pernah menyelenggarakan Piala Dunia di 2023 kemarin dan sangat sukses sekali,” kata Nirmala.

“Pengajuannya sudah. Jadi 2027, 2029, dan 2030 kami sudah ajukan semua dari Perbasi ke FIBA. Semuanya kelompok umur karena kalau sudah matang di kelompok umur, saat mencapai seniornya lebih enak daripada mengejar saat level sudah senior.

“Levelnya dunia semua ada 3-4 event. Tapi kami enggak kejar pengalaman saja, tapi prestasi juga,” lanjutnya.

Baca juga: Sagil si Bocah SD Setinggi 2 Meter Punya Potensi, Ini Langkah Perbasi

Nirmala melanjutkan, dengan Indonesia menjadi tuan rumah maka kesempatan Timnas main di ajang itu sangat terbuka.

“Makanya kita masih punya waktu untuk scouting kami sudah mulai ke daerah-daerah, tapi belum secara resmi belum kami buka, tapi sudah mulai cari,” dia mengungkapkan.

“Ada beberapa anak, sektor putri. Saya tak sebut nama dan daerahnya dulu, tapi dia usianya 13 tahun namun ia memiliki tinggi lebih dari 180 cm dan akan lebih tinggi lagi pasti karena usia masih muda,” kata Nirmala.

“Karena kita tahu isu dari basket Indonesia itu salah satunya size. Kita kekurangan pemain-pemain dengan postur tubuh tinggi dan mumpung usianya masih 13 tahun masih bisa kita bentuk. Biasanya, kalau usianya di atas itu rata-rata pelatih daerah itu menempatkannya di posisi center. Seharusnya semua posisi dulu dilatih. Ya semoga bisa memberikan prestasi di Kejuaraan Dunia 2027,” ujarnya.

Baca juga: FIBA Ingin Indonesia Jadi Kandidat Tuan Rumah Kejuaraan Dunia Basket U-19

Sejalan dengan itu, Nirmala juga berharap agar Timnas ke depannya bisa melakukan training camp dalam waktu yang panjang. Hal itu berkaca pada hasil Timnas putri di SEA Games 2023 Kamboja. Mereka mendapatkan hasil sempurna itu setelah melakukan program latihan yang panjang di Surabaya.

“Mereka juga mengikuti latih-tanding, latih-tanding, dan itu cukup efektif,” ucapnya.

Terkait pengajuan Indonesia sebagai tuan rumah Kejuaraan Dunia 2027, PP Perbasi masih menunggu pengumuman resmi dari FIBA. Namun, ia berharap agar keputusan bisa segera diberikan sebelum kepengurusan Perbasi yang baru terbentuk. PP Perbasi rencananya akan Munas pada Oktober 2024.

(mcy/aff)

Ini Dia Hasil Kejurnas Soft Tennis 2024

Kejurnas Soft Tennis 2024 selesai digelar. Diharapkan muncul atlet-atlet berbakat dari turnamen ini.

Adalah Ketua Umum Pengurus Pusat (PP) Persatuan Soft Tennis Indonesia (Pesti), Awal Chairuddin, yang menutup kejurnas tersebut di Lapangan Tenis Hotel Borobudur, Jakarta, Sabtu (13/7/2024) malam WIB.

Dalam sambutan penutupannya, Awal bersyukur atas kelancaran dan kesuksesan acara Pesti ini, dimulai kegiatan Pelatihan Wasit dan Pelatih hingga Kejurnas 9-13 Juli.

“Alhamdulillah semua berjalan baik dan lancar, tidak ada satu pun atlet-atlet yang mengalami risiko-risiko dalam kegiatan ini. Ini suatu pencapaian yang luar biasa, dan sekaligus juga kita akan mempersiapkan pelatihan daerah (Pelatda) untuk menghadapi PON XII Aceh-Sumut 2024 nanti,” papar Awal Chaeruddin dalam rilis kepada detikSport.

“Dari 17 Provinsi hadir semua, ini menandakan kita bersama-sama memiliki motivasi untuk membangun dan mengembangkan Soft Tennis Indonesia agar cabor ini semakin populer di seluruh lapisan komunitas masyarakat,” lanjutnya.

Awal berharap pengurus Pesti di seluruh Indonesia bisa menjadi duta atau agen informasi seputar soft tennis agar semakin diminati. Ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi di tingkat regional, nasional, hingga internasional.

Laga final mempertandingkan tim beregu antara Tim Putra Jawa Barat (Jabar) menghadapi Tim Putra Jawa Tengah (Jateng).Tim Jabar yang terdiri Hemat Bhakti Anugerah dan Tio Juliandi (Tunggal Putra) serta Fernando Sanger dan Andre Wisnu (Ganda Putra) jadi juara.

Baca juga: 115 Atlet Ikut Kejurnas Soft Tennis 2024

Merekan menang 2-0 atas tim Jateng yang diperkuat Andro Dewantara, Reza Pahlevi (Tunggal Putra) serta Agung Laksono, Ricky Cahya (Ganda Putra).

Sebelum melaju ke partai puncak, tim Jawa Barat di semifinal mengalahkan tim DKI Jakarta dengan skor dengan skor 2-0. Semetara tim Jawa Tengah mengalahkan tim Aceh 2-1.

Kemudian pada laga beregu Putri, tim putri Jateng (Allif Nafiah, Aulia Riska, Zhena A, dan Safa Dea ) juara usai mengalahkan tim Sulawesi Utara dengan skor 2-0.

Kapten tim Jawa Tengah Allif Nafiah mengungkapkan kejurnas 2024 ini sebagai try out menuju PON 2024.

“Kami sudah mempersiapkan diri untuk menuju PON nanti dan kejurnas ini sebagai Try out kami. Pada penyisihan kami menang atas Jawa Timur dan Jawa Barat, di semi final mengalahkan Kalimantan Timur 2-1 dan final mengalahkan Sulut 2-0. Ini sebagai motivasi, terus berlatih dan jangan puas sampai di sini,” kata Allif.

Ketua panitia yang juga Wakil Ketua Umum Pesti Ferly Montolalu mengapresiasi tim Beregu Putra Jawa Barat dan Tim Beregu Putri Jawa Tengah yang jadi juara.

“Selamat kepada tim Jabar dan Jateng, jangan puas diri. Ajang ini adalah sebagai kegiatan seleknas penyemangat dan motivasi untuk menuju kejuaraan dunia di Anseong- Korea Selatan pada September dan PON XII Aceh-Sumut 2024 nanti,” terang Ferly Montolalu.

Baca juga: Tim Soft Tennis Indonesia Finis Ketiga di Korsel

Tunggal Putra
Juara: Tio Juliandi H (Jawa Barat)
Runner-up : Fajar Amarta (DIY)
Peringkat 3: Reza Fahlefi (Jawa Tengah
Peringkat 4: Bagus Angga (DKI Jakarta)

Ganda Putra
Juara: Jawa Barat
Runner-up: Jawa Tengah
Peringkat 3: Jawa Timur dan Kalimantan Timur

Beregu Putra
Juara: Jawa Barat
Runner-up: Jawa Tengah
Peringkat 3: DKI Jakarta dan Aceh

Ganda Campuran
Juara: Aceh
Runner-up: Nusa Tenggara Barat
Peringkat 3: Lampung, Sumatera Barat, Sulawesi Selatan, dan Kalimantan Utara.

Tunggal Putri
Juara: Allif Nafii’ah (Jawa Tengah)
Runner-up: Siti Nur Arasy (DKi Jakarta)
Peringkat 3: Dwi Rahayu (Jawa Barat) dan Sharon Cornelia Watupongoh (Sulawesi Utara)

Ganda Putri
Juara: DKI Jakarta
Runner-up: Sulawesi Utara
Peringkat 3 : Jambi dan Sulawesi Utara

Baca juga: PP Pesti Kirim 16 Atlet Ikut Kejuaraan di Korsel

(mrp/bay)

Hasil Lengkap Final Uber Cup 2024- Indonesia Vs China 0-3

Indonesia gagal membendung dominasi China di final Uber Cup 2024. Indonesia kalah telak 0-3 sehingga mesti merelakan gelar juara melayang ke tuan rumah.

Final Uber Cup 2024 antara Indonesia vs China berlangsung di Hi Tech Sports Zone Center, Chengdu, pada Minggu (5/5). China memenangi tiga pertandingan pertama untuk merengkuh titel juara Piala Uber ke-16.

Partai pertama memainkan laga antara Gregoria Mariska Tunjung, yang menantang juara Olimpiade sekaligus pemain nomor 2 dunia Chen Yufei. Sayang sekali, Gregoria tak mampu memberikan perlawanan sengit sebelum menyerah dengan skor 7-21, 16-21 untuk memberi keunggulan China 1-0.

Baca juga: Ester Kalah, China Juara Uber Cup 2024

Duet Siti Fadia Silva Ramadhanti/Ribka Sugiarto kemudian diandalkan Merah Putih di partai kedua. Akan tetapi, Fadia/Ribka tidak mampu berbuat banyak saat menghadapi pasangan jagoan Chen Qing chen/Jia Yifan. Fadia/Ribka menyerah dengan skor telak 11-21, 8-21 usai bertarung selama 39 menit.

Dalam kedudukan tertinggal 0-2 dari China, Indonesia berharap bisa mencuri poin di partai ketiga. Ester Nurumi Tri Wardoyo dimainkan untuk melawan He Bing Jiao.

Ester mengawali dengan menjanjikan setelah merebut gim pertama. Namun, He Bing jiao bangkit di dua gim terakhir untuk memenangi permainan dengan skor 10-21, 21-15, 21-17.

Baca juga: Jadwal Final Thomas & Uber Cup 2024 Hari Ini: Indonesia Vs China

Hasil Indonesia Vs China di Final Uber Cup 2024

WS1: Gregoria Mariska Tunjung vs Chen Yufei 7-21, 16-21.

WD1: Siti Fadia Silva Ramadhanti/Ribka Sugiarto vs Chen Qing chen/Jia Yifan 11-21, 8-21

WS2: Ester Nurumi Tri Wardoyo vs He Bing Jiao 10-21, 21-15, 21-17.

WD2: Lanny Tria Mayasari/Rachel Allessya Rose vs Liu Sheng Shu/Zhang Shu Xian (tidak dimainkan)

WS3: Komang Ayu Cahya Dewi vs Han Yue (tidak dimainkan)

DKI Jakarta Targetkan Juara Umum BNI Kejurnas PBSI

Pengprov DKI Jakarta memasang target juara umum di BNI Kejuaraan Nasional PBSI Perorangan Taruna dan Dewasa 2023 yang berlangsung di GOR UNJ Rawamangun, 18-23 Desember ini.

Ekspektasi itu disampaikan perwakilan manajer Pengprov DKI Jakarta Hendro Santoso, dalam wawancaranya dengan detikSport, Senin (18/12).

“Target DKI inginnya menjadi juara umum karena membawa sekian banyak atlet,” kata Hendro.

Baca juga: BNI Kejurnas PBSI 2023 Dimulai 18 Desember, Diikuti 610 Atlet

Ya, DKI memang menjadi provinsi dengan mengirimkan atlet terbanyak dibandingkan daerah-daerah lainnya. Total ada 78 atlet, terdiri dari 44 atlet kelompok Taruna dan 34 untuk kelompok Dewasa.

Jawa Tengah menyusul dengan 53 atlet, Jawa Barat berjumlah 42 pemain, dan Jawa Timur 40 orang. Total keseluruhan atlet yang tampil di BNI Kejurnas PBSI Perorangan Taruna dan Dewasa 2023 berjumlah 610 atlet dari 32 Pengprov.

Sedangkan empat Pengprov yang absen di BNI Kejurnas PBSI 2023 kali ini adalah Sulawesi Barat, Nusa Tenggara Timur, Papua Barat, dan Maluku.

Keyakinan DKI merebut gelar-gelar di Kejurnas kali ini, selain dari aspek jumlah atlet, juga karena persiapan mereka dalam mengirimkan para pemainnya sudah melalui seleksi ketat.

“Sebelum Kejurnas, kami adakan seleksi antar Kejurprov (Kejuaraan Provinsi) dengan lima Pengkot (Pengurus Kota) yang ikut dari Timur, Barat, Selatan, Utara, dan Pusat. Jadi kami ambil yang terbaik-terbaik dari lima Pengkot itu, yang sudah sering ikut Sirnas,” dia menjelaskan.

Baca juga: Tekad Juara Pulung/Rinjani Usai Kalahkan Unggulan BNI Kejurnas 2023

“Nah, dari situ ada juga yang kami berikan wildcard. Jadi tak ikut Kejurprov, tapi langsung Kejurnas. Dan itu adalah atlet yang terbaik yang mendapat wildcard tersebut. Kami optimistis lah dari sekian 44 atlet Taruna itu pasti ada lah (dapat juara). Nanti ujungnya pasti kelihatan lah,” kata Hendro.

Sehubungan itu, Hendro berharap hasil yang dipetik para atletnya di dalam BNI Kejurnas PBSI 2023 ini bisa mengantar mereka dipanggil ke Pelatnas PBSI. Sebab, ada kebanggaan tersendiri jika atletnya mampu lolos ke Cipayung.

“Ekspektasi saya terhadap Kejurnas ini sangat penting. Sebab, ini barometernya bulutangkis. Ketika yang bertanding dari seluruh provinsi Indonesia dipilih atlet-atlet terbaik. Jadi selain di sana membawa nama Indonesia tapi ada kebanggaan kita sebagai Pengprov PBSI DKI asal mereka,” Hendro menandaskan.

(mcy/krs)

Indonesia Berencana Jadi Tuan Rumah Seri Kejuaraan Dunia Jetski 2024

Kejuaraan dunia jetski akan singgah di Indonesia. Ajang ini ditargetkan bergulir pada April atau Mei mendatang.

Kepastian ini diungkap Ketua Umum IJBA, Saiful Sutan Aswa atau yang akrab disapa Fully, saat memaparkan ‘road map prestasi dunia dan penyelenggaraan kejuaraan dunia 2024 Indonesia’ di Kantor NOC Indonesia, Jakarta, Rabu (1/11/2023)

“Ya kami akan mengadakan seri dunia yang dilakukan oleh beberapa negara tapi Indonesia bagian dari itu. Mungkin cuma tiga negara totalnya empat termasuk world final,” kata Fully.

Tak cuma kelas senior, Indonesia juga akan memasukkan pertandingan untuk kelas junior. Fully mengaku kelas ini sangat penting guna mengasah kemampuan para pebalap dalam bertanding sejak dini.

“Saya juga buat yang tipikal kelas-kelas tidak terlalu mahal dan saya harapkan semua negara itu mampu. Lalu saya akan siapkan yang junior. Nah, yang junior ini baru pertama kali, waktu saya sampaikan yang respon awal itu Amerika, dia langsung datang ke saya, dia mau siapin semua.”

“Amerika mau siapkan atletnya dari usia 10 tahun sampai sekian, supaya ada rangsangan di dunia bahwa atlet yang muda ini sudah harus disiapkan di semua negara,” ujar Fully.

Untuk lokasi penyelenggaraan seri kejuaraan dunia jetski ini, Fully memperkirakan akan dilakukan di Jakarta, tepatnya di kawasan Ancol. Pasalnya fasilitasnya lebih memadai karena sudah pernah dipakai di Asian Games 2018 sehingga persiapan akan lebih mudah.

“Lokasi bisa di Jakarta. Saya tentunya inginnya di Jakarta. Paling ideal fasilitasnya sudah ada semua. Kalau sudah ada fasilitas jadi lebih murah. Di seluruh dunia sudah tahu tempat kita di Jakarta. Itu menjadi icon dunia karena tidak ada yang punya seperti itu,” tegas Fully.

Sementara di sisi lain, Ketua Umum Pengurus Pusat Indonesia Jetsport Boating Association (IJBA), Fully Aswar menilai perhelatan Aquabike Jetski World Championships di Danau Tobailegal.

Rencananya perhelatan kejuaraan itu digelar pada 22-28 November 2023. Ia menrgaskan, bahwaIJBAselaku induk olahraga Jet Ski di Indonesia tidak terlibat dalam event itu, bahkan telah memberikan teguran kepada pihak penyelenggara kejuaraan itu.

“Kenapa mereka kami tegur karena mereka kami anggap telah melakukan pelanggaran Undang Undang Sistem Keolahragaan Nasional (UU-SKN) No 11 Tahun 2022,” paparnya kepada awak media pada acara Road Map Prestasi Dunia dan Peneyelenggaraan Kejuaraan Dunia 2024 di Indonesia.di Jakarta, Rabu(1/11).

Dikatakan, bahwa dalam UU-SKN No. 11 tahun 202 dijelaskan bahwa penanggung jawab event regional maupun international adalah induk organisasi olahraga di Indonesia.

“Sampai saat ini baik penyelenggara lokal maupun partner dari luar tidak pernah bersurat kepada kami. Jadi kami tidak tahu, jika memang itu tujuannya untuk pariwisata kenapa menggunakan titel World Championships. Karena untuk melakukan hal itu harus ada faktor teknis yang harus diawasi,” paparnya didampingi Sekjen Reynaldi Duyo.

Selain itu, ia juga memaparkan rencana pihaknya untuk menggelar salah satu seri Kejuraaan Dunia Jetski di Indonesia pada Maret-April tahun depan.

“Rencananya kami akan gelar di Jakarta yakni di Ancol karena fasilitasnya sudah lengkap,” ujarFully Aswardidampingi SekjenIJBARenaldi Duyo.

Seperti diketahui, saat ini prestasi atlet Indonesia Jet Ski di level dunia masih didominasi oleh Aero dan Aksa Aswar. Namun,IJBAberupaya untuk melakukan regenerasi atlet melalui Jet Ski Academy Indonesia di Ancol, Jakarta Utara.

“Di Indonesia saat ini ada sekitar 30 atlet junior yang merupakan binaan dari Jet Ski Academy Indonesia yang juga mereka memiliki level dunia. Meski usianya masih 10-15 tahun. Yang termuda usia 6 tahun,” paparFully Aswar.

Selain melakukan kaderisasi, IJBA juga kerap menggelar kejuaraan junior. Dari tempaan fighting spirit yang keras diharapkan muncul juara-juara dunia baru.

“Kami selalu menanamkan doktrin kepada para atlet junior untuk menjadi juara dunia. Kami ini cabang olahraga kelas dunia, jadi saya tekankan kepada para atlet untuk berprestasi di kelas dunia,” tandas Fully Azwar.

Di sisi lain, ia juga berharap Pemerintah memiliki Political Will untuk membebaskan pajak bagi peralatan olahraga dari luar negeri untuk semua cabang olahraga.

Ducati Sedang Nego Kontrak Baru dengan Bagnaia

Francesco Bagnaia di ambang mendapatkan kontrak baru dengan Ducati. Kedua pihak masih menjalani tahap negosiasi.

Kontrak pebalap Italia itu akan habis pada akhir musim 2024. Ducati sudah jelas menginginkan kerja sama itu berlanjut setelah Bagnaia sukses menjadi juara dunia MotoGP dalam dua musim terakhir.

“Kami sedang bekerja untuk berusaha mendapatkan sebuah kesepakatan dengan Pecco,” ungkap General Manager Ducati Gigi Dall’Igna kepada Speedweek.

Baca juga: Stoner: Pindah ke Ducati Bukan Keputusan Salah Marc Marquez

“Sebuah kontrak dengan juara dunia MotoGP dua kali itu tidak pernah mudah, jadi kami masih punya pekerjaan untuk dilakukan. Namun, saya harap bisa membereskannya dalam waktu dekat,” sahut dia.

Sebagian besar pebalap kecuali Brad Binder (KTM) dan Luca Marini (Honda) sama-sama memiliki sisa kontrak sampai akhir tahun ini. Bursa pebalap diyakini akan langsung ramai di awal kejuaraan.

Baca juga: Tampil Buruk Musim Lalu, Bastianini Tak Kehilangan Kepercayaan Diri

Di Ducati sendiri sangat memungkinkan terjadi perubahan line-up pebalap untuk 2025. Pecco Bagnaia berpotensi besar memiliki tandem baru karena Enea Bastianini disebut-sebut tidak akan dipertahankan karena musim debut yang mengecewakan.

Semakin menarik karena runner-up MotoGP 2023 Jorge Martin sempat mengultimatum Ducati untuk mempromosikan dia ke tim pabrikan. Sedangkan Marc Marquez berpotensi menjadi rival Martin setelah bergabung Gresini.

“Menurut pendapat saya, banyak pebalap yang akan pindah di awal musim. Jadi saya kira akan ada banyak kabar untuk dilaporkan bagi anda di dalam beberapa bulan pertama tahun ini,” kata Dall’Igna.

Fadia Blak-blakan Soal Perasaannya Nyaris Batal ke Olimpiade

Siti Fadia Silva Ramadhanti mengungkapkan perasaannya yang sempat deg-degan usai mendengar dirinya dan Apriyani Rahayu berpotensi batal tampil di Olimpiade Paris 2024.

Beberapa waktu lalu, pelatih ganda putri Indonesia, Eng Hian, memang sempat menyatakan kans Apriyani tampil di Olimpiade masih perlu diobservasi lantaran kondisinya yang belum pulih dari cedera. Jika tak membaik hingga 24 Mei, maka tempat mereka digantikan oleh ganda putri kedua.

Akan tetapi, tak lama kemudian tes medis Apriyani Rahayu menunjukkan hasil positif. PBSI menyatakan Apriyani dalam kondisi siap tampil di pesta olahraga terbesar sejagat tersebut.

“Tahu sih (Pelatih bicara soal kondisi Apri) karena kan sebelum Koh Didi (Eng Hian) ngomong gitu, aku dipanggil dulu bertiga. Terus melihat testnya. Kalau test-nya memang enggak bisa dilewatin, ya kita mau enggak mau ganti ke Ana/Tiwi kan. Lalu setelah itu Apri test dan semuanya normal tidak apa-apa, maju terus,” ungkap dia.

Baca juga: Gregoria Jaga Pikiran Jelang Olimpiade Paris

“Ya, sempat deg-degan sih. Tapi melihat kesehariannya kak Apri, terus sebelum itu, bilang tenang percaya sama aku (Apri), aku akan perjuangin buat kita,” kata Fadia kepada pewarta di Pelatnas PBSI, Cipayung.

Fadia juga sekaligus menegaskan bahwa Apri selama ini berjuang keras demi mewujudkan cita mereka main di Olimpiade. Walau di tengah penilaian orang yang menganggap Apri sudah puas karena pernah menggenggam emas Olimpiade di Tokyo 2020.

“Sebelum Olimpiade ini sih berat ya. Apalagi Kak Apri cedera juga. Enggak gampang sih tapi kami selalu komunikasi. Kak Apri ngingetin, aku ngingetin. Ya, percaya saja satu sama lain. Kak Apri perjuangannya luar biasa banget sih buat sembuh,” katanya.

Baca juga: Fadia Ingin Rasakan Podium Sebelum Main di Olimpiade 2024

“Dia melakukan apa saja. Dari terapi segala macam tusuk jarum semua dilakukan. Aku jadi sedih juga sih melihat perjuangannya dia. Jadi aku makin semangat latihannya dan lebih lagi. Ke depan harus percaya diri sih melihat kak Apri.”

“Dia (Apri) selalu bilang, ‘Ayo saya mau bawa kamu juara. Ayo kita sama-sama membawa’. Ya, kak Apri dua kali Olympics kan. Itu enggak gampang juga. Sulit. Ini kesempatan Kak Apri dan aku juga,” tuturnya.

“Aku sejauh ini baik-baik saja ya (mentalnya). Jadi itu kalau ada apa-apa komunikasi juga. Sama Koh Didi. Terus sebelum tanggal 24 diumumkan (tampil di Olimpiade) itu kan kak Apri sudah melakukan test segala macam. Sudah semua normal tidak ada apa-apa.”

“Terus melihat dari latihan kesehariannya dia kak Apri luar biasa. Jadi aku tidak down dan kecewa kalau enggak main gimana,” Siti Fadia Silva Ramadhanti menambahkan.