Turnamen Badminton Piala Menpora U16- Mencari Bakat Muda Tanah Air

Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI menggelar turnamen bulutangkis Piala Menpora U-16. Ini bertujuan untuk mencari bakat pebulutangkis sejak dini.

Bulutangkis Indonesia memang lagi menurun belakangan ini, yang ditandai dengan kegagalan meraih medali emas Olimpiade 2024. Gregoria Mariska Tunjung jadi penyelamat lewat medali perunggu.

Oleh karenanya, perbaikan sudah dilakukan sedari dini terutama soal pembinaan di usia muda. Maka dari itu Kemenpora menggelar Turnamen Badminton Piala Menpora U-16.

Ada total enam wilayah yang dipilih sebagai venue turnamen, mulai dari Makassar, Papua, Bali, Balikpapan, Solo, dan Palembang.

Nomor yang dipertandingkan adalah tunggal putra dan tunggal putri, dikarenakan kedua nomor dipertandingkan di Asian Youth Games 2025 dan Youth Olympic Games 2026.

“Kegiatan turnamen badminton Piala Menpora U16 ini bertujuan untuk mengidentifikasi bakat atlet muda Indonesia menuju Asian Youth Games 2025 dan Youth Olympic Games 2026,” ujar Ardima Rama Putra selaku Staff Khusus Menpora Bidang Peningkatan Prestasi dan Industri Olahraga dalam rilis kepada detikSport.

“Harapan kami adalah agar Piala Menpora U16 dapat diselenggarakan secara rutin dan akan menjadi turnamen yang mendapatkan perhitungan poin resmi dari PBSI agar para peserta dapat lebih bersemangat dalam mengikuti kegiatan ini,” lanjut Dima.

Baca juga: PBSI dan Pemerintah Mau Bangun Sport Centre Bulutangkis

Setiap wilayah akan mengirimkan tiga atlet terbaiknya di masing-masing nomor. Nantinya, para pemenang ini akan diberangkatkan ke Jakarta untuk mengikuti Grand Final 8-10 Oktober.

Wilayah Makassar sudah melangsungkan kegiatan pada 9-10 Agustus, dilanjutkan dengan Jayapura, Papua, 14-15 Agustus. Sementara itu, wilayah Bali pada 23-24 Agustus.

“Indonesia selalu butuh adanya regenerasi di cabang-cabang olahraga, termasuk badminton. Dengan digelarnya Piala Menpora ini, kami berharap bakal muncul atlet-atlet muda berprestasi yang akan mengharumkan nama Indonesia di masa yang akan datang,” papar Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Kemenpora Surono.

Selain cabang badminton, ada juga Sirkuit Nasional 3×3 Piala Menpora U-16 dan Futsal Championship Piala Menpora U-18 yang juga sedang berlangsung di enam kota besar di Indonesia.

Baca juga: Rekap Japan Open 2024: China Rebut 2 Titel